Mengenal Wasit Perempuan Pertama yang Pimpin Laga Serie-A 2022/2023

Maria Sole Ferrieri Caputi pada saat debut di Serie A (2/10/2022) / Dok. Sky Sport Italia

Maria Sole Ferrieri Caputi pada saat debut di Serie A (2/10/2022) / Dok. Sky Sport Italia

ASBWI – Sejarah baru tercipta di kasta tertinggi sepak bola Italia. Maria Sole Ferrieri Caputi menjadi wasit wanita pertama yang memimpin laga di Serie-A antara Sassuolo yang berhadapan dengan Salernitana pada hari Minggu, (2/10/2022), di MAPEI Stadium.

Wanita berusia 32 tahun tersebut sudah menjadi wasit sejak tahun 2007 pada saat dirinya berusia 17 tahun. Caputi muda mengawali karirnya sebagai wasit di kasta Serie D Italia. Pada saat itu, orang tua dari Caputi tidak setuju putrinya menjadi pemain sepak bola wanita profesional sehingga Caputi memutuskan untuk beralih menjadi wasit.

Dikutip dari laman Fooball-Italia.Net, Maria Sole Ferrieri Caputi menjelaskan alasan dia memutuskan untuk menjadi wasit.

“Orang tua saya tidak ingin saya bermain sepak bola, tetapi pada saat itu segalanya berbeda dengan sekarang. Dan juga kursus wasit menjadi kesempatan yang baik untuk diambil,” ungkap Maria Sole Ferrieri Caputi.

Selain itu, ia juga menjelaskan pengalamannya sebagai wasit yang tidak mungkin terlupakan pada saat di Liga Amatir Italia. Dimana Maria Sole Ferrieri Caputi merasa kesulitan untuk naik kasta ke Liga diatasnya.

“Liga amatir, bagi seorang wasit, adalah yang paling sulit. Saya mengalaminya, saya tidak tenang. Tetapi saya tetap profesional,” tutup Maria Sole Ferrieri Caputi.

Sebagai informasi, ASBWI mendukung wanita berkarir di sepak bola. Melalui Workshop Career dan Coaching Clinic yang telah diadakan di SMAN 3 Jakarta Selatan sebelumnya, ASBWI memberi pembekalan dan mengarahkan minat para siswi yang memiliki passion di sepak bola.

ASBWI juga memberikan penjelasan bahwa di sepak bola tidak hanya sebagai pemain dan pelatih saja. Namun, banyak profesi lain yang bisa diambil wanita untuk meneruskan karirnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *