Sinergi PSSI, ASBWI dan British Council untuk Kemajuan Sepakbola Wanita.

Bandung – ASBWI bersinergi dengan PSSI dan British Council dalam melaksanakan kegiatan bertajuk Premier Skills : Introduction to Community Coaching for Women & Girls”. Acara ini berlangsung pada 27 Maret 2022 di stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan ini dibagi dalam beberapa sesi, baik di dalam kelas maupun praktek. Sesi pagi berjalan dari 08.30-12.30, serta sesi sore dari pukul 13.00-17.00 .Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah guna meningkatnya pemahaman dan kesadaran akan pentingnya peranan sepak bola akar rumput.

Pada akhirnya, target utama pelatihan untuk peningkatan kapasitas pelatih yang punya kepedulian di komunitas ataupun inklusi sosial terutama pada anak perempuan. Kegiatan diikuti 25 peserta, yang dihasilkan dari proses seleksi yang dilakukan bersama British Council.

Menurut Hanu Resi Nurjati, pemateri pelatih sepakbola disabilitas dari Britis Council menyebut jika kegiatan ini lebih difokuskan pada kesetaraan gender. “Wanita itu bisa bermain sepak bola. Bisa sebagai pemain, pelatih, sebagai wasit jadi sepakbola untuk semua jadi perempuan,” katanya.

“Poin utamanya, kami ingin menciptakan penggerak sepakbola yang mengerti bagaimana mengembangkan sepak bola wanita. Ini melibatkan pelatih berkualitas dan orangtua. Jika tidak dipahami, ini kadang jadi bumerang bagi sepak bola wanita,” ujar Papat Yunisal, Head of Sepak Bola Wanita PSSI yang membuka kegiatan.

Sementara Viola Kurniawati, Komite Eksekutif Bidang Pembinaan Usia Dini, berkomentar, “Kami ingin meramaikan dan memperkenalkan sepak bola wanita di Tanah Air. Kita tahu animo terhadap sepak bola wanita di dunia sedang tinggi-tingginya, sedangkan di indonesia masih mengalami isu-isu sosial tentang gender.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.