Kilas Balik Liga 1 Putri 2019

Persib Putri juara Liga 1 Putri 2019.

Persib Putri Juara Liga 1 Putri 2019/Dok. PSSI

ASBWI – Liga 1 Putri sukses bergulir pada tahun 2019. Kompetisi ini diikuti oleh 10 klub dari 18 klub pria yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Kesepuluh klub tersebut terbagi menjadi dua grup. Mereka adalah Persija Jakarta, PS TIRA Persikabo, PSS Sleman, PSIS Semarang, dan Persib Bandung yang menempati Grup A. Sedangkan Grup B berisi PSM Makassar, Persipura Jayapura, Arema FC, Bali United, dan Persebaya Surabaya.

Pertandingan pembuka menyajikan tuan rumah PSS Sleman melawan PS Tira Persikabo Kartini di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 5 Mei 2019, yang dimenangkan oleh PS Tira Persikabo Kartini dengan skor 3-1.

Sekjen PSSI kala itu, Ratu Tisha Destria menjelaskan bahwa penyelenggaraan Liga 1 Putri 2019 sejalan dengan program yang dicanangkan FIFA yang juga fokus terhadap pembinaan sepak bola putri.

Manajer Meeting Liga 1 Putri/Dok.PSSI
Manajer Meeting Liga 1 Putri/Dok.PSSI

“Pada kongres FIFA di Paris beberapa bulan lalu, FIFA mencanangkan berbagai macam program khusus untuk anggota-anggotanya yang telah memenuhi dua syarat. Yang pertama keberadaan Tim Nasional Putri di dua nomor, senior dan usia muda, serta adanya kompetisi,” ucap Ratu Tisha, dikutip dari laman resmi PSSI.

Iwan Budianto selaku Plt Ketua Umum PSSI saat itu juga menambahkan bahwa, penyelenggaraan ini akan menjadi pelecut semangat bagi para wanita untuk mau bermain sepak bola.

Persib Bandung Putri Juara

Sementara itu, Persib Bandung Putri berhasil meraih gelar juara Liga 1 Putri 2019, setelah menaklukkan Tira Persikabo Kartini di laga final.

Melihat perjalanan kedua tim ke final, sebelumnya mereka berhasil lolos ke fase semifinal setelah menjadi juara dan runner-up Grup A. Persib Putri menempati posisi pertama Grup A dengan 34 poin, sementara Tira Persikabo Kartini menduduki peringkat kedua dengan nilai 31.

Pada babak semifinal, Persib Putri mampu menundukkan Arema FC Putri dengan agregat skor 2-0 dalam dua leg. Sedangkan Tira Persikabo Kartini menyingkirkan Persipura Jayapura. Pada leg pertama, Tira Persikabo Kartini sebenarnya kalah di kandang sendiri dengan skor 4-5. Namun pada leg kedua, Persipura yang bermain di markas mereka memilih mundur saat tertinggal dengan skor 1-2, dan Komdis PSSI memutuskan untuk mendiskualifikasi klub asal Papua itu.

Bermain dua leg pada laga final, Persib Putri tampil digdaya. Pada leg pertama di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Maung Geulis mampu menang dengan skor 3-0. Dan pada leg kedua yang digelar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Tia Darti dan kawan-kawan berhasil unggul 3-1.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.