Cetak Sejarah, Pertama Kalinya FIFA Gunakan VAR untuk Piala Dunia Wanita U-20 2022

Kim Yu Jeong salah satu wasit wanita asal Korea Selatan untuk Piala Dunia Wanita U-20 2022 / Dok. AFC

Kim Yu Jeong salah satu wasit wanita asal Korea Selatan untuk Piala Dunia Wanita U-20 2022 / Dok. AFC

ASBWI – Piala Dunia Wanita U-20 2022 akan segera diselenggarakan di Kosta Rika pada 10-28 Agustus 2022. Melalui situs resminya, FIFA baru saja mengumumkan perangkat pertandingan yang akan bertugas. Sebanyak 13 wasit, 27 asisten wasit, dan 14 asisten wasit video terpilih dan semuanya adalah wanita.

Selain itu, momen bersejarah akan tercipta di turnamen yang diikuti 16 negara ini. Karena untuk pertama kalinya dalam sejarah, FIFA menggunakan teknologi VAR (Video Assistant Referee) untuk penyelenggaraan Piala Dunia Wanita U-20 2022. Hal ini disampaikan langsung oleh Komite Wasit Wanita FIFA, Kari Seitz.

“Kami sangat senang sekali menulis babak baru dalam sejarah sepak bola wanita. Piala Dunia Wanita U-20 akan menjadi turnamen wanita muda pertama yang menggunakan teknologi VAR. Dan juga akan menjadi turnamen pertama di mana semua asisten wasit yang bertugas di video adalah wanita,” kata Kari Seitz, dikutip dari situs resmi FIFA.

Menurutnya, FIFA telah bekerja tanpa lelah untuk mendorong perkembangan VAR wanita secara global. Itu karena sebagian besar sepak bola wanita belum menggunakan VAR.

“Ajang ini juga akan menjadi pembuktian untuk adanya VAR di sepak bola wanita, dan juga membuka kesempatan untuk melanjutkan penggunaan VAR di Piala Dunia Wanita 2023 yang dilaksanakan di Australia dan Selandia Baru,” Kari Seitz menjelaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.