Ade Mustikiana, Dari Babel Bela Garuda Sampai Antalya

ASBWI – Arema FC Women baru saja mengakhiri tur mereka dalam ajang Antalya Cup 2022 di Turki, pekan lalu. Seluruh anggota tim Singo Wedok mendapatkan pengalaman berharga usai berhadapan dengan 3 klub wanita Eropa. Salah satunya, Ade Mustikiana.

Gelandang Arema FC Women ini menyebut bahwa pengalaman bermain di Turki sangat berharga untuk masa depan. “Thank you for a very good experience for us in the future,” ungkap Ade di laman Instagramnya. “Terima kasih untuk pengalaman yang sangat baik bagi kami di masa depan.”

Meskipun belum bisa mengimbangi permainan klub Eropa, Ade dkk. tetap berusaha bermain maksimal. Kekalahan yang dialami Arema FC Women sudah diprediksi oleh mentor sekaligus ayah dari Ade, Fila “Hodri” Hadianto.

Ia menyebutkan bahwa klub yang dihadapi Arema FC Women adalah klub kelas Liga Champions Eropa. “Kekalahan itu sudah bisa diprediksi karena lawan yang dihadapi adalah klub yang bermain di Liga Champions Eropa . Tetapi Arema FC Women memetik manfaat yang baik, setidaknya mereka bisa mengukur kekuatan tim dengan lawan yang sesungguhnya. Bukan cuma lawan-lawan yang di bawah mereka. Pemain mendapatkan pengalaman bertanding,” ungkap Hodri kepada kru media ASBWI.

Tak lupa, Hodri juga mengevaluasi permainan anaknya selama Antalya Cup 2022 berlangsung. “Khusus untuk permainan Ade, lumayan baik tetapi masih banyak yang harus diperbaiki. Terutama untuk duel bola-bola atas,” jelas sang ayah.

Gabung Putra

Ade aktif di sepak bola sejak usia belasan tahun. Ia mulai mengikuti turnamen sepak bola wanita di daerah asalnya, Bangka Belitung atau Babel. Lantaran turnamen khusus wanita relatif langka, Ade juga pernah berpartisipasi dalam turnamen yang dimainkan pemain putra.

Bakat yang dimiliki pemain kelahiran 3 Oktober 1999 ini terus diasah oleh sang ayah. Gadis yang biasa berposisi sebagai gelandang itu, mempunyai komitmen yang tinggi dalam menekuni sepak bola. Semua terbayar saat pada tahun 2015, undangan untuk membela timnas putri Indonesia, datang menghampirinya.

Sejak tahun 2015, Ade tampil konsisten bersama timnas putri Indonesia. Ia menjadi tulang punggung timnas pada beberapa turnamen seperti Piala AFF Wanita 2017, Asian Games 2018, dan juga SEA Games 2019.

Total, Ade tampil sebanyak 25 kali dengan kostum berlambang Garuda. Catatan itu sekaligus menjadikannya sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di antara rekan-rekannya yang membela Indonesia di ajang AFC Womens Cup 2022. Wajar jika Ade akhirnya mendapat kepercayaan sebagai kapten di timnas putri Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.