Pengembangan SDM Wanita Jadi Salah Satu Fokus Utama ASBWI

Souraiya Farina selaku Sekretaris Jenderal ASBWI saat Workshop Career dan Coaching Clinic di SMA Al-Izhar Pondok Labu, Jakarta Selatan / Dok. ASBWI

Souraiya Farina selaku Sekretaris Jenderal ASBWI saat Workshop Career dan Coaching Clinic di SMA Al-Izhar Pondok Labu, Jakarta Selatan / Dok. ASBWI

ASBWI –  Salah satu fokus utama Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) adalah Program Pengembangan. Mulai dari pengembangan SDM Wanita di Sepak Bola, Grassroots dan Youth Development. ASBWI memiliki target yaitu sepak bola wanita Indonesia menjadi professional yang merepresentasikan nilai seorang wanita untuk perkembangan sepak bola ke tingkat dunia. Selain itu, fokus utama ASBWI lainnya adalah Kompetisi, Kepelatihan, Media, Marketing & Sponsorship, Organisasi, dan Teknologi.

Kemudian, ASBWI ingin mengubah pandangan masyarakat Indonesia terkait Wanita dan Sepak Bola di area teknis maupun non teknis karena wanita bisa berkarir di sepak bola. Tidak hanya menjadi pemain dan pelatih saja, tetapi wanita juga bisa berkarir sebagai wasit dan perangkat pertandingan lainnya. Terbukti, di Piala Dunia Qatar 2022 wanita dipercaya untuk memimpin pertandingan kelas dunia itu.

Karir lainnya yang bisa diambil oleh wanita di sepak bola adalah menjadi Tim Media, Medis, Manajemen, dan lainnya. Oleh karena itu, ASBWI menjadikan program pengembangan wanita menjadi Fokus Utama di tahun 2023.

Sebelumnya, ASBWI telah memulai program ini di tahun 2022 lewat kegiatan Workshop Career dan Coaching Clinic. Kegiatan Workshop Career dan Coaching Clinic bertujuan untuk memperkenalkan industri sepak bola kepada peserta yang dimana seluruhnya adalah wanita.

Tak hanya itu, ASBWI juga berharap lewat kegiatan tersebut dapat menumbuhkan minat peserta untuk berkarir di sepak bola. Setelah sesi Workshop Career, peserta juga diajarkan berbagai teknik dasar bermain sepak bola yang dilakukan oleh Pelatih dari EDF La Liga Indonesia.

Sebagai informasi, ASBWI merupakan anggota resmi PSSI yang berdiri sejak tanggal 7 Desember 2017. ASBWI tidak akan berhenti untuk menggelar kegiatan sepak bola wanita mengacu pada target jangka panjang ASBWI untuk Timnas Wanita menuju Juara Asia tahun 2038. Mulai dari Festival Sepak Bola Putri U-12, Workshop Career & Coaching Clinic, ASBWI Cup dan kegiatan sepak bola lainnya. Rencananya, untuk provinsi selanjutnya untuk kegiatan Festival U-12 adalah Kalimantan Tengah, Papua, Yogyakarta dan Sumatera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *