Cina Juara Piala Asia Wanita, Filipina Bisa Inspirasi Indonesia

India – Putri Cina secara dramatis menjuarai Piala Asia Wanita 2022. Sempat tertinggal 0-2 di babak pertama, mereka memberondong 3 gol ke gawang Korea Selatan pada partai puncak.

Laga Cina vs Korea Selatan yang berlangsung di DY Patil Stadium, India, berakhir dengan skor 3-2 (0-2), Minggu (6/2/2022) malam WIB.

Dikutip dari laman statistik AFC, pada laga ini, Cina unggul dalam penguasaan bola, yakni 59 persen berbanding 41 persen milik Korea Selatan.

Begitu pula dari shots on target, Negeri Tirai Bambu itu unggul tipis 6-5 dalam hal peluang atas lawannya, yang mendominasi pada babak pertama.

Korsel unggul lebih dulu lewat gol dari Choe Yu-ti pada menit ke-27. Di ujung babak pertama, Negeri Ginseng itu menggandakan keunggulan lewat Ji So-yun melalui eksekusi titik penalti.

Skor 2-0 untuk keunggulan Korea Selatan pun bertahan hingga babak pertama usai. Gelar juara seolah hampir jadi milik mereka.

Namun pada babak kedua, ternyata putri Cina tampil menekan. Upaya itu membuahkan hasil. Jiali Tang menipiskan skor jadi 1-2 lewat tendangan penalti.

Gol tersebut membuat para pemain Cina makin termotivasi untuk menyamakan kedudukan. Benar saja. Linyan Zhang mencetak gol krusial. Skor jadi sama kuat 2-2.

Setelah itu, laga berjalan kian ketat. Saat pertandingan sepertinya akan berlanjut ke fase perpanjangan waktu, Xiao Yuyi muncul sebagai pahlawan Cina.

Dia berhasil membobol gawang Korsel pada masa injury time, tepatnya di menit 90+3! Cina berbalik unggul 3-2 dan skor bertahan hingga laga usai.

Hasil ini pun membawa Cina menjuarai Piala Asia Wanita 2022, sekaligus menambah koleksi gelar juara menjadi 9 kali.

Inspirasi Filipina

Dalam Piala Asia edisi ini, putri Filipina mengukir sejarah. Mereka untuk kali pertama berhasil menembus semifinal Piala Asia dan memastikan satu tempat di Piala Dunia Wanita 2023 di Australia dan Selandia Baru.

Keberhasilan Filipina tersebut dipastikan seusai tim berjuluk The Malditas itu mengalahkan Taiwan di perempa-final, Minggu (30/1/2022). Di fase penyisihan Grup, Filipina sempat memukul Indonesia 6-0.

“Untuk saat ini, setiap anak muda di Filipina bisa terinspirasi untuk tampil di Piala Dunia. Tim ini bisa menginspirasi generasi berikutnya,” ujar Alen Stajcic, pelatih asal Australia yang dipecat di negeri sendiri sebelum terbang ke Manila.

Pada semifinal Piala Asia Wanita 2022, Filipina dihentikan Korea Selatan. Putri Negeri Ginseng itu sebelumnya menjegal favorit juara, Australia.

Semoga sukses wakil Asia Tenggara itu juga bisa menginspirasi Zahra Musdalifah dkk. Suatu saat nanti, timnas wanita Indonesia juga bisa melangkah lebih jauh di level Asia, bahkan dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.