Australia vs Indonesia, Jangan Ada Skor Besar

Mumbai – Tugas berat hari ini dihadapi Indonesia pada laga pembuka Grup B Piala Asia Wanita 2022 melawan tim kelas dunia, Australia, di Mumbai Football Arena, India, Jumat (21/1/2022). Tak ada nada gentar dari kubu Garuda Pertiwi, namun pengamat bersikap realistis dengan berharap jangan sampai ada skor besar.

Analisis Aris Rinaldi, eks pemain Persib yang kini jadi pelatih kiper Serpong City, menyebutkan bahwa Australia jauh di atas level Indonesia. “Sebagian besar bermain di liga-liga Eropa dan Amerika. Apalagi striker utamanya Sam Kerr jadi pemain terbaik dunia kedua versi FIFA. Namun saya percaya pelatih Rudy Eka Priyambada, punya strtategi khusus meredam Australia,” ujar Aris.

Salah satu cara Rudy Eka adalah menggenjot fisik pemain pada latihan perdana menjelang laga.
Mereka berlatih di Yashwant Rao, India, pada Selasa (18/1/2022) waktu setempat. Seluruh pemain tampak sudah bergabung untuk menjalani sesi latihan, termasuk Shalika Aurelia yang merumput di Roma Italia.

Kabar bagusnya, skuad dipastikan negatif Covid-19 hingga diizinkan menjalani latihan perdana. Dalam latihan, Rudy memberikan menu latihan fisik yang variatif kepada Zahra Muzdalifah dkk. Selain latihan fisik, para pemain juga mendapatkan menu latihan pergerakan tanpa bola.

Meski kalah postur dan pengalaman lantaran di Indonesia tidak ada kompetisi yang bermanfaat untuk mengasah kemampuan, toh tetap ada kelebihan yang bisa dioptimalkan. Misalnya, kecepatan. Bola-bola pendek tetap bisa diandalkan guna menghadapi lawan berpostur tinggi besar.

Australia, yang dipetkuat pemain-pemain top dunia. Selain Sam Kerr (Chelsea), ada Kyah Simon (Tottenham Hotspur) di kompetisi Liga Inggris Wanita. Kerr sendiri selain jadi pemain terbaik dunia #2, akhir tahun 2021 memenangi gelar Piala FA Wanita bersama Chelsea.

Indonesia belum pernah bertemu Australia dalam satu decade terakhir. Namun sebegai perbandingan, timnas wanita Indonesia pernah dikalahkan Vietnam 0-6 di SEA Games 2019. Sementara Vietnam dalam kualifikasi lalu 2 kali dihajar Australia, dan 4 gol di antaranya diborong Kerr.

“Kami tetap bersemangat melawan tim-tim besar seperti Australia dan Thailand yang langganan Piala Dunia,” kata Rudy kepada awak media, Minggu (16/1/2022). “Mohon doa dukungan bagi Garuda Pertiwi, bermain di Piala Asia setelah 30 tahun lebih tidak bermain.”

Pelatih Australia, Tony Gustavsson, meski memasang target menang telak, ia tak sedikitpun meremehkan lawannya. “Hasil sempurna di tiap pertandingan selalu jadi target kami. Saya tidak berbicara soal skor, tapi saya percaya Sam Kerr dan pemain lain tahu harus mencetak berapa gol. Itu akan memotivasi tim,” ujar Tony.

Jika tim berjuluk The Matildas ingin 3 poin sempurna, Rudy Eka tak mau terbebani pemain. Cukup bermain sekuat tenaga dan bisa memetik pengalaman di level tinggi sepekbola wanita. “Kami berharap semua pihak tidak tak terlalu membebani tim ini dengan ekspektasi yang terlalu tinggi,” ujar
Pelatih timnas Rudy Eka dalam jumpa pers kemarin.

Indonesia berada di Grup B bersama tim kuat Australia, Thailand, dan Filipina.
Pertandingan melawan Australia akan menyenangkan. Pemain mereka banyak yang bermain di Eropa. Namun, tapi kami siap berlaga. Kami akan membuktikan Indonesia pantas tampil di kancah internasional, di level tertinggi,” ujarnya. (.RED)

Jadwal Laga Jumat (21/1/2022)

Japan vs Myanmar. 15:00
Australia vs Indonesia. 17:00 *
Thailand vs Philippines 19:00
Korsel vs Vietnam. 21:00

* Live I-News TV, RCTI+, MNC Sports

Hasil Laga Kamis (20/1/2022)

India vs Iran 0-0
RRC vs Cina Taipei 4-0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.