Akhmad Gunadi Nadalsyah, Sosok Anak Muda yang Dipercaya Menjadi Manajer Timnas U-18 Wanita Indonesia

Akhmad Gunadi Nadalsyah saat dampingi Timnas U-18 Wanita latihan di Lapangan Panahan Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. / Dok. ASBWI

Akhmad Gunadi Nadalsyah saat dampingi Timnas U-18 Wanita latihan di Lapangan Panahan Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. / Dok. ASBWI

ASBWI – Timnas U-18 wanita Indonesia memiliki sosok manajer muda yang begitu peduli terhadap perkembangan sepak bola wanita di Tanah Air. Adalah Akhmad Gunadi Nadalsyah yang dipercaya mengemban tugas menjadi manajer tim Helsya Maeisyaroh dan kawan-kawan, yang sedang berjuang di ajang Piala AFF U-18 Wanita 2022 di Palembang.

Bisa dibilang, ini adalah pertama kalinya bagi lelaki yang akrab disapa Agi itu dipercaya untuk mengelola timnas. Putra dari Ketua Umum ASBWI (Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia), H. Nadalsyah, itu sebelumnya juga dipercaya menjadi bagian dari Kepengurusan ASBWI.

Meski baru berusia 23 tahun, namun semangatnya untuk membantu mengembangkan sepak bola wanita di Indonesia begitu tinggi. Menurutnya, menjadi manajer timnas U-18 wanita Indonesia adalah sebuah tantangan yang harus dihadapinya dengan rasa optimistis, disiplin, semangat tinggi, serta percaya diri terhadap timnya.

“Dalam beberapa tahun mendatang, saya optimistis persepakbolaan wanita nasional akan berkembang lebih pesat. ASBWI yang memiliki target jangka panjang hingga 2038 akan terus membantu dan bekerja sama aktif dengan PSSI dan seluruh stakeholder dalam pengembangan sepak bola wanita,” kata Akhmad Gunadi, yang saat ini sedang menempuh pendidikan bisnis di Jerman.

Seperti diketahui, timnas U-18 wanita Indonesia saat ini sedang berada dalam tren positif pada ajang Piala AFF U-18 Wanita 2022. Teranyar, tim yang dilatih Rudy Eka Priyambada itu mampu menang atas Kamboja dengan skor tipis 1-0 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu (24/7/2022) malam WIB.

Gol tunggal kemenangan Garuda Pertiwi, julukan timnas wanita Indonesia, dicetak oleh Sheva Imut melalui tendangan bebasnya pada menit ke-90+3. Ini menjadi kemenangan kedua timnas wanita Indonesia, setelah sebelumnya mampu menaklukkan Singapura juga dengan skor 1-0, 22 Juli lalu.

Motivasi pun terus diberikan kepada skuad Garuda Pertiwi. Bahkan, bonus juga sudah disiapkan apabila Sheva Imut dan kolega bisa memenangkan pertandingan demi pertandingan.

Pada pertandingan pertama bonus kemenangan atas Singapura diberikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sebesar Rp75 juta. Kemudian saat menang atas Kamboja di pertandingan kedua, giliran Ketua Umum ASBWI, H. Nadalsyah, yang memberikan bonus dengan nilai yang sama. Kedua bonus itu langsung diberikan secara tunai setelah pertandingan kepada tim asuhan Rudy Eka Priyambada.

Rencananya, pada laga ketiga melawan Vietnam (26/7/2022), Sekjen PSSI, Yunus Nusi, juga menyiapkan bonus jika timnas wanita Indonesia berhasil memenangkannya. Akhmad Gunadi pun telah siap menggelontorkan bonus untuk para pemain timnas U-18 wanita jika berhasil menang atas Thailand pada 28 Juli nanti.

Sementara itu, ASBWI yang baru memulai program kerjanya pada Februari 2022 lalu, saat ini telah memiliki anggota di lebih dari 12 provinsi, baik Asosiasi Provinsi maupun klub. ASBWI juga memiliki komitmen jangka panjang yang dimulai dari pengembangan usia muda hingga peningkatan industri sepak bola wanita. Salah satunya adalah penyelenggaraan Festival Sepak Bola Putri U-12 yang sebelumnya digelar di Temanggung, Jawa Tengah.

Pengembangan usia muda yang digelar di berbagai provinsi akan terus berlanjut dan Jawa Timur rencananya akan menjadi provinsi selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.