Site icon

Perjalanan 6 Tahun ASBWI, Tantangan yang menjadi Motivasi

ASBWI – Memasuki usia ke-6, Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) telah memiliki 31 anggota provinsi serta 49 klub anggota. ASBWI memiliki Program Kerja mulai  dari pengembangan sepak bola wanita, Pengembangan SDM wanita di dalam sepak bola, kompetisi berjenjang, hingga memiliki sistem pendataan pemain wanita berbasis digital yang dinamakan SIBAWI. Semua ini merupakan bagian penting dari rencana strategis ASBWI menuju Timnas Wanita Indonesia juara Piala Asia 2038. ASBWI berdiri pada tanggal 7 Desember 2017 di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, Sumatera Selatan. Pada saat itu, ASBWI memiliki 12 anggota dari berbagai provinsi.

Selama enam tahun, ASBWI telah menggelar berbagai event sepak bola wanita. Mulai dari Piala Pertiwi 2021/2022, Piala Gubernur DKI Jakarta 2022, Festival Sepak Bola Putri U-12, ASBWI Cup U-15, serta Workshop Career & Coaching Clinic yang telah dilaksanakan diberbagai kota di Indonesia. Selain itu, ASBWI juga penah mendapatkan mandat dari PSSI untuk mendampingi Timnas Wanita di AFF U-18 Women’s Championship 2022, dan dua laga FIFA Matchday melawan Singapura ditahun 2022 kemudian Arab Saudi ditahun 2023.

Melalui sepak bola, ASBWI ingin meningkatkan standar Wanita Indonesia ke top level dan membentuk industri sepak bola yang profesional. ASBWI juga memiliki target membawa tim nasional wanita Indonesia menjadi Juara Piala Asia 2038 dengan membentuk industri sepak bola wanita Indonesia yang profesional dan merepresentasikan Core Value wanita Indonesia yang tangguh. Nilai-nilai sosial yang ditanamkan ASBWI untuk membangun sepak bola wanita Indonesia dimulai dari Keberagaman, Pemberdayaan Wanita, Kesetaraan Gender, Inklusivitas, Percaya diri dan Jiwa Kepemimpinan.

Pada tahun 2024 mendatang, ASBWI memiliki empat program utama yaitu Pengembangan SDM Wanita di Sepak Bola, Pengembangan Grassroots, Kompetisi Youth Level dan Kompetisi Senior. 

H. Nadalsyah selaku Ketua Umum ASBWI menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak yang selama ini telah mendukung ASBWI dalam mengembangkan sepak bola wanita. Ia juga berharap dengan progam yang ASBWI jalankan, dapat membantu PSSI memenuhi target yang tercantum di rencana strategis.

“Hari ini, 7 Desember, ASBWI tepat berusia enam tahun. Dalam perjalanannya kami menghadapi berbagai tantangan yang kami jadikan motivasi untuk konsisten mengembangkan sepak bola wanita. Sepakbola Wanita bukan hanya sebuah permainan yang menentukan menang atau kalah. Tapi lebih dari itu, sepakbola Wanita memiliki nilai-nilai sosial yang mampu membentuk identitas wanita Indonesia yang tangguh,”ungkap H. Nadalsyah, Ketua Umum ASBWI.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan menjadi bagian dari perjalanan ASBWI. Bersama, kita menapaki perjalanan ini dengan harapan besar untuk masa depan sepakbola wanita Indonesia. Hari ini adalah tentang kita semua, tentang perjuangan bersama. Mari kita terus melangkah bersama untuk mencapai prestasi yang lebih besar. Selamat ulang tahun ke-6, ASBWI,” tutup H. Nadalsyah.

Exit mobile version