Ini Alasan Mengapa ASBWI Gelar Festival U-12

Festival U-12 Sepak Bola Putri di Temanggung / Dok. ASBWI

Festival U-12 Sepak Bola Putri di Temanggung / Dok. ASBWI

ASBWI – Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) berkomitmen dalam membina bibit-bibit pesepakbola putri di Indonesia. Langkah yang dilakukan ASBWI adalah dengan menggelar Festival Sepak Bola Putri U-12 di Stadion Bhumi Phala, Minggu, (17/7/2022). Festival ini diikuti oleh 100 peserta yang tergabung dalam 8 tim. Menariknya, seluruh tim akan mendapatkan piala mengingat ini adalah kompetisi grassroot.

Festival U-12 ini merupakan program ASBWI dalam pengembangan bakat untuk putri daerah yang bermain sepak bola. Program grassroots menganjurkan nilai-nilai kemanusiaan, dan kegembiraan melalui sepak bola. Kegembiraan merupakan elemen penting dari pembinaan usia dini selain hubungan sosial dan semangat tim.

Mengapa konsep bermain dan kegembiraan sangat penting bagi seorang anak? Karena bermain merupakan alat terbaik untuk belajar, anak belajar sepakbola dari bermain sepakbola itu sendiri. Di atas semua kegiatan dan latihan, anak-anak harus bergembira sehingga tumbuh harapan terhadap sepakbola itu sendiri.

Menurut buku panduan, FIFA grassroots menargetkan pelatihan sepakbola anak laki-laki maupun perempuan berusia 6-12 tahun melalui sekolah, komunitas, atau klub. Konsep utama dari program ini adalah untuk menyatukan sebanyak mungkin orang melalui sepakbola.

Selain itu, Asia Football Confederation atau AFC juga mempunya misi tertentu dalam program grassroots. Misi AFC dalam menjalankan program grassroots adalah untuk mempromosikan sepak bola dan memberikan kesempatan untuk bermain di lingkungan yang aman dan menyenangkan.

“Selain nilai olahraga, kami mempromosikan sepak bola grassroots untuk manfaat psikologis, sosial, pendidikan, dan kesehatan,” kata Robin Russell, Konsultan Grassroots AFC, dikutip dari buku Panduan Grassroots Review Book 2019.

Kemudian, Festival U-12 Sepak Bola Wanita ini juga digelar berdasarkan target jangka panjang ASBWI hingga tahun 2038. ASBWI juga selalu berkomunikasi dengan PSSI terkait program-program yang telah ditetapkan PSSI dalam pengembangan sepak bola wanita di tanah air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.