Filipina Tak Full Team Hadapi Indonesia, Rudy Eka: Jangan Lengah!

Kiara vs Fani, adu kuat di laga terakhir Grup B. (Montase: Sigit Nugroho)

MUMBAI – Pelatih Filipina, Alen Stajcic, mengaku timnya mungkin takkan tampil
full team dengan skuad terbaik saat jumpa Indonesia pada laga terakhir Grup B Piala Asia Wanita 2022 di Shree Shiv Chhatrapati Sports Complex, Mumbai, Kamis (27/1/2022).

Namun pelatih timnas wanita Indonesia, Rudy Eka Priyambada, mengingatkan agar pemainnya tidak lengah. Ia meminta pemainnya tetap fokus, demi mengeluarkan kemampuan terbaik.

Peluang Filipina melaju ke fase knockout bersama Australia sangat besar. Andai ada kejutan, misalnya kalah dari Indonesia, mereka tetap lolos. Soalnya, Filipina unggul head to head dari Thailand (menang 1-0).

Rudy Eka Priyambada ingin pemainnya memberikan penampilan terbaik di laga terakhir Piala Asia, menyusul 2 kekalahan (0-18 vs Austrialia dan 0-4 kontra Thailand) di dua laga terdahulu.

Ia mengatakan sudah membaca pola permainan Filipina. Menurutnya, tim asuhan Alen Stajsic itu termasuk kuat dalam melakukan pertahanan. Apalagi, sejumlah pemainnya berpengalaman main di Amerika Serikat.

“Hampir semua pemain mereka main di Liga Amerika Serikat atau MLS Women. Saat half time lawan Australia mereka bisa imbang 0-0. Artinya mereka punya pemain kuat dalam bertahan,” kata Rudy dalam konferensi pers.

Faktor Cedera

Pelatih Filipina, Alen Stajcic, mengaku timnya tak akan tampil dengan skuad terbaik saat jumpa Indonesia, semata alasan cedera.

Disusul kemudian dengan kekalahan saat menghadapi Australia dengan kedudukan akhir 0-4. Namun, kekalahan tersebut juga membawa kabar buruk, karena beberapa pemainnya cedera.

“Beberapa pemain kami cedera saat melawan Australia. Dua kiper utama kami sama-sama cedera. Kristina Guillou juga mengalami masalah dan tak bisa bertahan sepanjang laga,” kata Stajcic di akun resmi AFC, Rabu (26/1/2022).

Mereka adalah beberapa pemain utama, hingga diharapkan pulih sebelum laga. Selain itu, Australia juga mengalami masalah dengan Covid.

Prakiraan Formaai
Indonesia (4-4-2)
: Fani Supriyanto (GK) Shalika Aurelia, Vivi Oktavia Riski, Ade Mustikiana Oktafiani, Remini Chere Rumbewas, Octavianti Nurmalita, Baiq Amiatun Shalihah, Helsya Maeisyaroh, Pani Tri Oktavianti, Rani Mulyasari, Zahra Muzdalifah
Pelatih: Rudy Eka Priyambada

Filipina (4-4-2): K. Fontanilla; E. Madarang, H. Long, D. Randle, S. Harrison; C. Frilles, J. Miclat, R. Bugay, S. Castaneda; C. McDaniel, S. Bolden.
Pelatih: Alen Stajcic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.