Site icon ASBWI

ASBWI Terapkan Digitalisasi dalam Pendataan Pemain

Halaman Depan Laman Resmi SIBAWI / Dok.ASBWI

Halaman Depan Laman Resmi SIBAWI / Dok.ASBWI

ASBWI –  Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) adalah anggota resmi PSSI yang telah disahkan sejak tahun 2017. Selain mempunyai program pengembangan sepak bola wanita, ASBWI juga mempunyai program lainnya yang sedang berjalan, yaitu peningkatan digitalisasi dalam pendataan pemain serta official klub sepak bola wanita.

Setiap pemain wanita yang mengikuti kegiatan ASBWI akan tercatat dalam Sistem Informasi Basis Data ASBWI atau yang lebih singkat disebut dengan SIBAWI. Program tersebut dilakukan berbasis online sehingga bisa diakses dimanapun dan sebelumnya sudah diterapkan pada saat Festival U-12 Sepak Bola Putri di Jawa Timur dan Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Selain itu, ASBWI berharap peserta yang mengikuti kegiatan ASBWI dapat memanfaatkan SIBAWI ini dengan baik. Mengusung digitalisasi dalam pendataan pemain merupakan salah satu aksi nyata ASBWI dalam mencapai target bersama PSSI. Karena database yang dimiliki ASBWI juga ditargetkan untuk disinkronisasikan dengan database PSSI.

ASBWI juga menerapkan verifikasi, hal ini dilakukan untuk memastikan legalitas data yang diinput tersebut sudah benar dan sesuai.

H Nadalsyah selaku Ketua Umum ASBWI menjelaskan bahwa dengan adanya digital database, maka data yang dihimpun dapat digunakan untuk selamanya. Perjalanan karir seorang pemain dan juga official dapat ter-record dengan akurat. Selain itu, database ini juga merecord data-data pertandingan dan kompetisi.

“Tentunya pengaruhnya besar banget ya. Karena dengan adanya sistem berbasis online ini semua akan tercatat. Mulai dari riwayat pemain main dimana, statusnya seperti apa, dan terutama durasi menit bermain akan tercatat. ASBWI juga tidak membatasi usia pemain untuk pendaftaran database di SIBAWI ini,” ungkap H Nadalsyah, Ketua Umum ASBWI.

Sebagai informasi, ASBWI merupakan anggota resmi PSSI yang berdiri sejak tanggal 7 Desember 2017. ASBWI sendiri telah menggelar berbagai event sepak bola wanita. Mulai dari Piala Pertiwi 2021/2022, Piala Gubernur DKI Jakarta 2022, dan festival sepak bola wanita untuk kategori usia dini yang akan diselenggarakan.

ASBWI tidak berhenti menggelar kegiatan sepak bola wanita. Mulai dari Festival Sepak Bola Putri U-12, Workshop Career & Coaching Clinic, ASBWI Cup dan kegiatan sepak bola lainnya. Dalam waktu dekat, ASBWI juga akan kembali mengadakan Workshop Pengembangan Karir dan Coaching Clinic di salah satu provinsi di Indonesia.

Exit mobile version