3 Wasit Wanita Akan Pimpin Laga di Piala Dunia Qatar 2022

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, FIFA akan menggunakan wasit wanita di Piala Dunia Qatar 2022.

Tiga wasit wanita yang ditunjuk untuk Piala Dunia Qatar 2022

Tiga wasit wanita yang ditunjuk untuk Piala Dunia Qatar 2022/Dok. AFC, FIFA, UEFA

ASBWI – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, FIFA akan menggunakan wasit wanita di Piala Dunia Qatar 2022. Sebanyak 36 wasit, 69 asisten wasit, dan 24 pengawas video pertandingan ditunjuk untuk memimpin laga di ajang empat tahun sekali tersebut. Tiga di antaranya adalah wasit utama wanita dan juga akan dibantu tiga asisten wasit wanita.

Ketiga wasit utama yang ditunjuk FIFA adalah Stephanie Frappart (Perancis), Salima Mukansanga (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita (Jepang). Menurut Ketua Komisi Wasit FIFA, Pierluigi Collina, alasan ditunjuknya wasit wanita berdasarkan kualitas yang dimiliki wasit tersebut.

“Seperti biasa, kriteria yang kami gunakan adalah kualitas sehingga perangkat pertandingan yang kami persembahkan berada di level tertinggi kepemimpinan wasit di dunia. Oleh karena itu, kami tekankan bahwa kualitaslah yang dipertimbangkan bukan soal gender,” kata Pierluigi Collina, dikutip dari situs resmi FIFA.

Oleh karena itu, Deliana Fatmawati yang merupakan salah satu wasit wanita di Indonesia sangat mengapresiasi keputusan FIFA tersebut. Wanita kelahiran Medan, 8 Juli 1988, ini telah mengantongi lisensi FIFA sejak 2017.

Aksi Deliana Fatmawati saat memimpin laga di Piala Pertiwi 2021/2022 ( Foto: ASBWI)

“Ini adalah momentum spesial khususnya untuk para wasit wanita yang ada di seluruh dunia. Bukan membahas tentang teori klasik kesetaraan gender, tapi memang kesempatan itu datang kepada setiap orang yang berkualitas,” ucap Deliana, kepada ASBWI.

“Semoga momentum ini bisa menjadi motivasi untuk semua wasit wanita khususnya di Indonesia. Karena di masa sekarang ini kemampuan seseorang menjadi kunci. Dan juga semoga semakin banyak wasit wanita di Indonesia dapat tampil di kompetisi resmi baik itu pertandingan wanita maupun laki-laki,” ia menjelaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.